Headlines News :
Home » , , , » Pengertian dan Tafsiran Lambang DDI

Pengertian dan Tafsiran Lambang DDI

Written By STAI DDI Kota Makassar on Tuesday 24 June 2014 | 22:22

1. Pola dasar hijau, adalah menunjukkan bahwa ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah yang menjadi panutan warga DDI, adalah suatu pedoman yang mencakup akidah dan syari’ah dalam mencapai kebahagian dunia dan keselamatan akhirat serta telah mendapatkan Mardhatillah.
Tuhan berfirman dalam Surat al-A’rab ayat 96 :
ولو أن أهـل القـرى امـنـوا واتـقـوا لفـتـحـنــا عـلـيـهم بـركـت منالـسمــاء واللآرض
Artinya:
Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi….

2. Matahari terbit.
Menggunakan matahari terbit warna emas dengan sinar sejumlah 25 berkas bersama lintasan pelangi kalimat tauhid
لاالـه الااللـه محـمـد رسـول اللـه
diatas garis lintang bulatan hijau memberikan arti bahwa matahari sebagai sumber cahaya yakni dalam arti cahaya sebagai sumber ilmu pengetahuan dan ilham hanya dari Allah Swt, yang diturunkan kepada hambanya dengan perantaraan rasulnya dalam pembentukan jiwa tauhid. Dalam kaitan dengan lahirnya MAI (DDI) diharapkan agar menjembatani turunnya ilham dari Allah Swt dan mulai munculnya kelahiran ilmu pengetahuan. Firman Allah Swt dalam Surah Yunus ayat 5 :
هـو الـذي جـعــل الـشـمس ضيــاء
Artinya :
Dialah yang menjadikan matahari bersinar ……

3. Bulan Sabit.
Bulan sabit dalam bentuk  tulisan huruf latin “DARUD DA’WAH WAL IRSYAD“ warna putih bersih menengadah ke atas  melihat garis tengah bulatan hijau. Ini berarti bahwa MAI (DDI) ini senantiasa berjalan di atas penggarisan dan ketentuan wahyu Allah Swt, baik dalam kerangka peningkatan mutu dan kualitas pengetahuan maupun pengabdiannya kepada Allah Swt. Adapun bulan sabit yang dikaitkan dengan lahirnya MAI (DDI), maka dengan kelahirannya itu mulailah datang dunia yang terang dan pembawa kebenaran sehingga akan lenyaplah masa kegelapan yang akan terjadi secara tertib sebagaimana peralihan dari cahaya matahari di siang hari kepada sinarnya bulan  di malam hari, suatu estafet hidup dan kehidupan dunia menuju Mardatillah. Firman Allah dalam Surah Yunus ayat 5:
والـقـر نـورا وقـدره منــازل لتـعـلـمـوا عـدد الـسنـسين والحـسـاب…
Artinya:
Dan bulan bercahaya dan ditetapkannya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu)”.

4.  Kalimat : لــه دعـوة الـحـق    
Kalimat ini meletakkan fungsi dan hakekat kehadiran MAI (DDI) di tengah masyarakat. DDI berusaha mendalami ajaran agama dan sekalian pengetahun agama Islam dan segala ilmu lainnya yang bersifat umum dengan tujuan untuk menyebarluaskan ahjaran agama melalui usaha mengajak manusia ke jalan yang diridhai oleh Allah Swt, agar manusia dapat berbahagia di dunia dan mendapatkan keselamatan di akhirat kelak, tentunya dengan berdasarkan ketakwaan yang dimiliknya. Firman Allah Swt dalam Surah Ali Imran ayat 104 :
ولـتـكن منـكم امـة يدعـون الى الخيـر ويأ مـرون بالمعـروف وينهـون عن المنـكـر واولـءـك هـم المفلـحـون
Artinya:
Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung.

5. Kalimat :دار الـدعـوة والارشـاد
kalimat “دار الـدعـوة والارشـاد“ dalam Bahasa Arab adalah salah satu simbol pandangan DDI bahwa untuk menuntut ilmu pengetahuan agama Islam mutlak adanya pengetahuan terhadap Bahasa Arab dan alat-alatnya. Firman Allah Swt dalam Surah As Syu’araa ayat 193-195 :
نـزل بـه الـروح الاميـن . على قلـبك لـتـكون من منـذريـن. بلســان عربي مبـين
Artnya :
Alquran itu dibawa turun oleh Ar Ruh al Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. An dengan bahasa Arab yang nyata.

6. Kalimat dalam singkatan DDI
Kalimat dalam Bahasa Indonesia dengan singkatan DDI adalah merupakan identitas bahwa DDI sebagai organisasi Islam yang merupakan bahagian dari rakyat dan bangsa Indonesia. Organisasi ini bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan, dan usaha sosial, serta turut mempunyai peran tanggungjawab  dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. Firman Allah Swt. dalam Surah Ali Imran ayat 103:
واعـصمـوا بحبـل اللـه جمـيعـا ولاتفـرقـوا…
Artinya :
Dan berpenganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai.

7. Lima Bintang.
Bintang warna kuning cemerlang sebanyak lima buah di ufuk sinar cahaya matahari memberi arti bahwa DDI senantiasa melaksanakan kewajiban Islam yang Lima (shalat), dan rukun serta hukum Islam yang lima, demikian pula falsafah negara Pancasila sebagai warga negara Republik Indonesia.
وعـلمـت وبالنـجـم هـم يهـتـدون
                 Artinya:
Dan Dia menciptakan tanda-tanda (Petunjuk Jalan)  dan dengan bintang itulah mereka mendapat petunjuk.
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BLOG STAI DDI MAKASSAR - All Rights Reserved
Darud Da'wah Wal-Irsyad Wadah Persatuan Membangun Peradaban Islamdalam bingkai NKRI